Laman

Kamis, 14 Februari 2013

T3. Penerapan Object dan Camera Modeling

Penerapan object dan camera modeling adalah bagian akhir dari serangkaian penulisan yang saya buat dengan kelompok saya. Yang sebelumnya saya sudah sedikit menjelaskan urutan penulisan saya dimulai dari T1, T2 dan T3 ini, T1 dan T2 dapat dilihat pada arsip blog saya.
Untuk T3 ini membahas tentang penerapan dari camera modeling terhadap object yang kelompok saya buat, dan bagaimana camera tersebut mempegaruhi sudut-sudut pandang atau angle pada object tersebut. untuk penjelasan lebih lanjut bisa anda download disini.

Sebagai penutup bagi penulisan kami tentang Penerapan Konsep Camera View :
Sebuah film yang bagus juga tergantung oleh sudut pengambilan gambarnya (camera view) atau posisi kamera yang mengambil objek. objek yang diambil dengan teknik pengambilan gambar yang baik akan menghasilkan kesan menarik dan mungkin berkesan. Baik dalam pembuatan animasi sekalipun, membutuhkan sudut pandang dalam pembuatannya agar animasi yang dihasilkan sempurna dan sesuai dengan keinginan, tanpa ada kerusakan atau kecacatan pada animasi tersebut.

Pada penulisan ini kami telah membahas konsep, pengertian, jenis dan contoh dari camera view itu sendiri itu sendiri. Ada berbagai jenis camera view yang dapat ditampilkan atau dibuat, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.Karena setiap sudut pengambilan objek terdapat makna tersendiri. Sehingga setiap kejadian pada objek dapat tersampaikan dengan baik.

Untuk membuat contoh dari camera view ini kami membuat sebuah kota dengan gedung-gedung pencakar langit didalamnya. Pembuatan objek-objek itu sendiri dibuat dengan sebuah aplikasi 3D grafik computer yakni Blender. Blender tidak hanya bisa digunakan dalam pembuatan film animasi tetapi juga dapat digunakan pada pembuatan visual efek, aplikasi interaksi 3D atau video games. Fitur-fitur pada blender sangat banyak dalam pebuatan objek yakni 3D Modelling, UV unwrapping, texturing, rigging dan skinning, simulasi asap, simulasi partikel, simulasi bentuk tubuh, animasi, tracking camera, rendering, edit video dan pengkomposisian. Juga fitur dalam pembuatan game.

Demikian yang dapat kami jelaskan dalam pembahasan camera view ini, tentunya masih banyak sekali kesalahan dan kekurangan didalamnya. Namun dibalik itu kami berharap bahwa penulisan ini dapat berguna sebagai referensi atau hanya sekedar penambah ilmu bagi kita semua.

Daftar pustaka sebagai refrensi kami dalam membuat penulisan ini :


http://teguh212.blog.esaunggul.ac.id/2012/03/15/teknik-kamera-elektronik-1/

http://nurul36.wordpress.com/2010/07/04/sudut-pengambilan-gambar-camera-angle/

http://id.wikipedia.org/wiki/Kamera

http://en.wikipedia.org/wiki/Blender_(software)

http://www.blenderguru.com/videos/how-to-create-a-city/

Demikian akhir dari penulisan kami, apa bila ada kekurangan atau kesalahan kami mohon maaf.