Laman

Minggu, 11 Maret 2012

Sejarah Internet dan WEB

Oke kembali lagi memposting, kali ini langsung saja kita memposting tentang Sejarah Internet dan Web, pertama saya akan menjelaskan satu persatu apa itu Internet dan apa itu WEB.

INTERNET
Internet adalah aringan global yang menghubungkan antar komputer dengan komputer lainnya di dunia menggunakan standart Internet Protocol Suite.
Kegiatan menggunakan Internet sudah menjadi budaya bagi umat manusia diseluruh dunia, tapi apakah kalian tau sejarah dari Internet tersebut ? disini akan saya memberikan sejarah singkat dari Internet.

Pada tahun 1969 Amerika membuat suatu proyek untuk melakukan perkembangan teknologi, dan proyek tersebut bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang secara umum diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. ARPANET ini melakukan suatu proyek yang diamana hardware dan software berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dengan jarak tak terhingga dengan hanya menggunakan saluran telepon. Tujuan awal Amerika dalam melakukan proyek ini adalah untuk keperluan militer, yang pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika membuat jaringan komputer untuk mengatasi masalah apabila terjadi serangan.

ARPANET yang membentuk rancangan jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi tersebut dapat dipindahkan. Pada akhirnya semua rancangan dan standar yang ARPANET tentukan, akan menjadi awal dari pembangunan jaringan protokol atau yg sekarang disebut IP (Internet Protocol). Mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 Universitas di Amerika yaitu Stanford Reseach Intitute, University of California, Santa Barba, dan University of Utah. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang keseluruh Universitas, dan keseluruh negara sehingga ARPANET kesulitan untuk menghubungkan jaringan internet tersebut. Akhirnya ARPANET terbagi menjadi dua, yaitu ARPANET untuk keperluan non-militer, kemudian MILINET yang digunakan untuk keperluan militer. Setelah itu keduanya berubah menjadi Internet seperti yang kita ketahui sekarang.

WEB
Web atau bisa disebut situs web, atau web site adalah sejumlah halaman web yang saling berkaitan. Suatu situs web biasanya disimpan pada sebuah server web, yg bisa diakses dengan jaringan internet. Jadi disini bisa dikatakan web dengan internet saling berhubungan. Situs web yang saling berhubungan dan berkaitan dapat diakses secara publik dengan WWW (World Wide Web). Tetapi tidak semua situs web dapat diakses secara publik, ada banya juga situs web yang mengharuskan penggunjung situs web tersebut untuk mendaftarkan diri mereka untuk alasan keamanan web.

Langsung kesejarah Web, pengembang pertama kali Web atau Web Site adalah Sir Timothy John "Tim" Berness-Lee, situs web pertama tersambungkan dengan jaringan dimulai pada tahun 1991, dan dapat digunakan secara gratis oleh publik pada 30 April 1993. Situs web dibuat untuk mempermudah penukaran, pengiriman, dan memperbarui informasi.

Situs web dapat dibuat dari hasil kerja perorangan, atau kepemilikan organisasi atau perusahaan. Biasanya dalam sebuah situs web membahas sebuah atau beberapa topik khusus. Sebuah situs web dapat membahas topik yang menghubungkannya ke situs web lainnya, begitu pula sebaliknya. Tetapi hal ini dapat juga membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan maupun dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.


Demikian penjelasan singkat tentang Sejarah Internet dan WEB yang saya tuliskan di blog saya, semoga dapat membantu para pembaca blog dalam mencari sejarah singkat internet dan web.
Makin maju teknologi, makin banyak hal-hal yang kita pelajari dan makin berkembang pula budaya teknologi kedepan, maka dari itu dengan adanya internet dan web ini kita dapat belajar dan memilih pelajaran yang baik dan benar untuk kita. Sekarang kembali ke diri masing-masing untuk memanfaatkan teknologi internet dan web ini dengan baik dan bijaksana.




Refrensi 1
Refrensi 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar