Laman

Rabu, 12 Januari 2011

mengenal komponen JFrame

JFrame merupakan salah satu dari komponen GUI (Graphical User Interface), yang bertujuan agar pengguna dengan mudah menjalankan atau mengoprasikan sebuah aplikasi komputer. Sebagai langkah awal membuat program berbasis GUI kita mencoba membuat Frame.
Frame merupakan komponen dasar dalam membuat sebuah aplikasi yang berbasis GUI. Frame berfungsi sebagai kontainer atau sebagai wadah penampung komponen GUI lainnya, seperti : Button, Table, Label, ComboBox, dll.
Untuk membuat frame, kita memerlukan sebuah java Class yang bernama JFrame yang berada dalam package javax.swing. kali ini saya akan membahas komponen-komponen yang masuk dalam pembuatan java Class JFrame.
Pertama saya akan menjelaskan tentang :

1. import javax.swing.*; 
    Digunakan untuk memanggil Package Swing agar program yang kita buat dapat menggunakan komponen-komponen yang berada di dalam package tsb. Salah satunya komponen JFrame tersimpan di dalam Package tersebut.
2. public class tampilFrame ..{ }
   tampilFrame merupakan nama Class yang dibuat pada program tsb. Dimana Class tampilFrame mempunyai batasan akses yang bersifat public dehingga dapat diakses siapa saja. Aturan dalam memberi nama Class utama, yaitu : nama Class harus sama dengan nama file program.
3. public tampilFrame () {..}
   Pada program terdapat sebuah konstruktor, yaitu sebuah bagian program yang berfungsi untuk memberikan nilai atau status awal pada saat program dijalankan. Aturan dalam pemberian nama konstruktor yaitu : nama konstruktor harus sama dengan nama Class utama program, atau nama file program.
4. extends JFrame
   Dengan mengetik extends JFrame pada program, berarti anda menggunakan Class JFrame, yaitu sebuah Class yang terdapat di dalam Package Swing yang digunakan sebagai pencipta sebuah objek frame.
5. super ()
   Method super() digunakan untuk memberikan judul pada frame.
6. setSize (panjang, tinggi)
    Method ini digunakan untuk menetapkan ukuran panjang dan tinggi frame, seperti contoh : setSize (500,300); yang artinya frme mempunyai panjang 500, dan tinggi 300. 
7. setDefaultCloseOperation (EXIT_ON_CLOSE);
    Method ini digunakan untuk menutup frame dan keluar dari program ketika mengklik tombol close yang terdapat pada frame. Jika baris program tersebut dihilangkan, frame yang tampil tidak dapat ditutup dan program akan terus berjalan.

Demikian penjelasan komponen-komponen yang ada pada JFrame.

Sumber : Buku Pemrograman Database Menggunakan Java & My SQL penulis : Supriyatno.