Laman

Kamis, 06 Januari 2011

Booting

Booting adalah proses awal dalam menyalakan komputer yang dimana semua register prosesor masih kosong dan prosesor disetting reset atau mati.

Tahapan-tahapannya seperti :

1. Saat komputer dinyalakan memori masih dalam keadaan 0% atau kosong dan belum ada interaksi yang dapat dieksekusi oleh prosesor. Karena itu prosesor dirancang untuk selalu mencari alaman tertentu pada BIOS Rom. Pada alaman tersebut terdapat instruksi JUMP yang menuju kealaman eksekusi. Setelah itu prosesor menjalankan POST (Power On Selt Test) yaitu memerikksa kondisi hardware.

2. Lalu BIOS mencari Video Card, secara khusus mencari program BIOS milik Video Card. Setelah itu sistem BIOS menjalankan Video Card, barulah Video Card diinisialisasi.

3. Kemudian BIOS akan memeriksa ROM hardware lain, apakah memiliki BIOS tersendiri atau tidak. Juka memiliki maka akan dieksekusi.

4. Lalu BIOS akan melakukan pemeriksaan lain lagi, misalnya memeriksa besarnya memori dan jenis memori. Lebih lanjut lagi BIOS akan memeriksa hardware yang lain seperti Disc, USB, HardDisk, dll.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Booting dan catetan kuliah