Laman

Minggu, 14 November 2010

Penting tidak matakuliah Ilmu Sosial Dasar ?

Dari judul diatas, sudah dapat diketahui saya akan memposting tentang Ilmu Sosial Dasar (ISD) atau pun yang berhunbungan dengan ISD ini.

Pertama, kita harus mengetahui apakah itu Ilmu Sosial Dasar (ISD). ISD adalah Merupakan kajian ilmu yang membahas masalah-masalah tentang sosial, banyak dari kehidupan ini yang berhubungan dengan Sosial, tetapi saya akan menjelaskan dalam bentuk penting atau tidak matakuliah IDS dalam perkuliahan.

Pada survei saya diblog melalui posting dari beberapa orang yang melihat blog saya saya mendapatkan hasil 56% ISD itu perlu dalam matakuliah, dan 44% mengatakan tidak perlu diadakannya matakuliah ISD. Persentase ini membuat hasil, bahwa masih banyak makasiswa yang menganggap matakuliah ISD ini masih diperlukan. Tetapi tidak sedikit juga yang menganggap matakuliah ISD itu tidak perlu dalam perkuliahan.

Mungkin pandangan dan pendapatnya hampir sama, maka saya akan menarik sedikit kesimpulan kenapa matakuliah ISD itu perlu. Dalam perkuliahan atau pun dalam bermasyarakat kita perlu saling berkomunikasi, dengan begitu kita dapat mengerti macam-macam sifat dari masing-masing orang dan mengenal macam-macam kehidupan sosial yang ada di sekeliling kita.
Dalam ISD ini kita diajak untuk perhatian terhadap lingkungan sekitar, dan kita diajak untuk dapat berkomunikasi dengan baik terhadap orang-orang disekeliling kita. Dengan bermodalkan komunikasi, ilmu, dan pengetahuan sosial kita dapat bekerjasama dengan baik, kita dapat berorganisasi dengan baik pula.

Maka ISD itu penting dalam matakuliah karena bila nanti kita lulus kita sudah memiliki bekal untuk berkerjasama atau pun berorganisasi dengan orang lain dan dengan perusahaan-perusaan. Yang dibutuhkan dalam perusahaan selain ilmu pengetahuan untuk bekerja juga kita dituntut untuk selalu siap bekerjasama dengan orang-orang yang ada diperusahaan tersebut.
Banyak manfaat yang dapat diambil dari bersosialisasi yaitu, kita dapat bertukar pikiran dengan orang lain dengan baik, kita mendapatkan ilmu dari oranglain yang belum kita tahu, kita juga dapat berbagi pengetahuan dengan orang lain, dalam bekerja sama kita juga mendapatkan keuntungan dengan tertutupnya kekuarangan kita yang digantikan dengan orang lain, dan kita pun dapat menutupi kekurangan orang lain dengan kelebihan kita. Jadi dalam bersosialisasi dan berkomunikasi pasti ada timbal balik yang saling menguntungkan. Mata kuliah ISD mengacu pada pempersiapkan mahasiswa/i untuk jadi tenaga kerja yang baik dan cekatan dalam berkomunikasi dan bersosial dengan masyarakat.

Sedangkan bagi orang yang memilih matakuliah ISD itu tidak perlu, mungkin karena matakuliah ini sudah sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak perlu lagi dipelajari. Padahal dengan adanya matakuliah ISD ini kita dapat lebih mengenal keadaan disekitar kita, dan dengan mata kuliah ini kita akan siap untuk terjun didalam dunia pekerjaan dan organisasi-organisasi yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar